membuat gambar 3D Model atau Part. Sketch dapat diumpamakan sebagai rangka
(bentuk dasar) sebuah rumah. Perhatikan ilustrasi di bawah ini yang akan membantu
menjelaskan arti Sketch.
MODE SKETCH
Setiap kali membuat komponen tunggal (Part), yang pertama kali aktif
adalah mode Sketch.
Untuk membuat bentuk komponen kita harus mengawalinya dari sketch.
Secara otomatis Inventor akan membuka pada Sketch1 ketika kita membuat file
Part. Hasil akhir yang diharapkan dari sebuah Sketch adalah bentuk profil (area,
luasan) tertutup yang nantinya dapat diberikan Part Feature untuk
membentuknya menjadi Part (3 dimensi).
Tampilan Browser Bar
Pada browser Bar akan tampak tampilan seperti di bawah ini, dimana
Sketch1 berwarna terang menunjukkan sedang aktif. Setelah Sketch ini diberikan
fitur Part, maka otomatis Sketch akan dikonsumsi dan menjadi bagian dari fitur
Part.Di setiap Mode Sketch akan terdapat bantuan berupa sumbu dan bidang
Origin yang letaknya tetap. Terdapat tiga bidang utama yang merupakan
persilangan dari dua sumbu, yaitu bidang YZ, XZ dan XY sebagai acuan bidang
Sketch. Untuk membantu pembuatan bentuk‐bentuk geometri, selain
bidang‐bidang tersebut di atas terdapat pula sumbu X, Y dan Z dan juga titik
pusat (center point). End of Part merupakan pembatas dari proses atau anggota
yang didaftarkan pada Browser Bar. Apabila kita memindah Sketch atau fitur ke
bawah End of Part, maka Sketch atau fitur tersebut akan tidak aktif dan dianggap
tidak ada.
Gambar 2.3. Tampilan Browser Bar
Tampilan Sketch Panel Bar
Untuk Mode Sketch, Bar menampilkan 2D Sketch Panel yang berisi
perintah-perintah pembuatan Sketch bentuk geometri. Shortcut keyboard untuk
mempercepat pelaksanaan perintah (command) ditampilkan disebelah command
yang bersangkutan.
2D sketch panel digunakan di Modeling Environment untuk membuat
sketsa 2D Parametric, Dimension, dan Constraints. Tools yang sama dapat
digunakan pada Assembly Sketch Panel saat membuat sketsa di-Assembly
Environment.
0 komentar:
Posting Komentar